Informasi liburan yang menarik bagi keluarga Indonesia

Candi Prambanan Yogyakarta


Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi Hindu yang terkenal di Indonesia. Candi ini mempunyai sebutan lain yaitu  Candi Roro Jonggrang yang dibangun sekitar tahun delapan ratus lima puluh Masehi oleh Wangsa Sanjaya. Oleh UNESCO tahun 1991 candi ini ditetapkan sebagai warisan dunia dan harus dilindungi keberadaannya. Candi Prambanan ini mempunyai ketinggian 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur.

Struktur candi Prambanan menggambarkan kepercayaan dalam agama Hindu yaitu Trimurti. Komplek candi Prambanan mempunyai tiga candi di halaman utama yakni candi Siwa, candi Brahma dan candi Wisnu. Setiap candi utama mempunyai 1  candi pendamping. Untuk candi Siwa didampingi candi Nandini, untuk candi Brahma didampingi candi Angsa dan untuk candi Wisni didampingi candi Garuda.

Candi Prambanan dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang. Kisah rakyat ini bermula dari Roro Jonggrang, putri kerajaan yang kecantikannya tidak diragukan lagi. Banyak pemuda yang datang dengan maksud melamar sang putri, termasuk Bandung Bondowoso. Walaupun Bandung Bondowoso terkenal sakti dan kuat, tapi Roro Jonggrang tak menyukainya. Sesudah berpikir lama, alhasil Roro Jonggrang bersedia menjadi istrinya, dengan syarat Bandung Bondowoso bisa membangun 1.000 candi dalam waktu semalam. Karena sungguh yakin dengan kekuatan yang dimilikinya, Bandung Bondowoso menyanggupinya.

Dengan bantuan jin Bandung Bondowoso sukses membangun 999 candi. Roro Jonggrang merasa takut, sehingga muncul ide untuk menumbuk padi yang bakal membuat ayam berkokok. Sementara jumlah candi yang dibangun belum mencapai target, ketika mendengar ayam telah berkokok Akhirnya, Bandung Bondowoso pun mengutuk sang putri menjadi satu candi untuk melengkapi jumlah candi yang dimintanya. Candi Dewa Siwa yang adalah candi induk itulah yang dipercaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang sesudah dikutuk.

Diluar kisah rakyat yang beredar, Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 atau pada masa Dinasti Sanjaya. Candi Prambanan ditemukan pada tahun 1733 oleh CA Lons, seorang peniliti Belanda. Penemuan ini lebih awal jika ketimbang dengan inovasi Candi Borobudur oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Setelah ditemukan, kompleks Candi Prambanan mulai diperbaiki dan dilakukan beragam usaha rekonstruksi. Saat ini, Candi Prambanan menjadi kompleks candi Hindu termegah di Indonesia

Related : Candi Prambanan Yogyakarta

0 Komentar untuk "Candi Prambanan Yogyakarta"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan pesan