Informasi liburan yang menarik bagi keluarga Indonesia

Raja Ampat Papua Barat


Raja Ampat adalah salah satu dari sepuluh tempat menyelam terbaik yang dimiliki dunia. Bahkan, diakui sebagai perairan nomor 1  di dunia yang memiliki flora fauna terlengkap di dunia. Seorang ahli karang, dalam penelitiannya disebutkan oleh Dr john Veron bahwa Raja Ampat mempunyai empat ratus lima puluh jenis karang yang teridentifikasi masih dalam kondisi berkembang sangat baik. Sebuah lembaga Conservation International (CI) yang bekerjasama Lembaga Oseanografi Nasional (LON) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga pernah melakukan satu penelitian di tahun 2001 dan 2002. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa Raja Ampat memiliki nyaris 75% terumbu karang yang ada di semua dunia. Selain tersebut, perairan Raja Ampat dikenal sebagai tempat tinggal dari 1000 lebih jenis ikan karang dan tujuh ratus jenis Moluska. Konklusi penelitian itu merupakan tak satupun perairan di dunia yang mempunyai kondisi ini selain di Raja Ampat.

Aktifitas menarik di wisata Raja Ampat

Terdapat beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan disana mulai dari diving, snorkeling, memancing , berlayar, hingga kulinernya. Hal pertama yang harus dilakukan saat mengunjungi pulau raja ampat adalah diving. Apalagi kalau ditemani oleh ikan pari Tentu hal ini akan menjadi pengalaman menyelam yang tak biasa. Terdapat sedikitnya 537 spesies koral dan juga enam ratus sembilan puluh sembilan hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda jumpai disini. Sementara untuk kendala keamanan, Anda tidak perlu canggung lantaran aktivitas diving Kamu akan ditemani oleh ahlinya dan tentunya dengan peralatan menyelam yang sungguh memadai sehingga keselamatan dan keamanannya terjamin.

Estetika dunia bawah laut Raja Ampat tidak perlu diragukan lagi. Raja Ampat adalah satu aset tidak kecil bagi pelestarian terumbu karang dan populasi ikan laut dunia. Kepulauan Raja Ampat mempunyai peran penting bagi kelestarian alam dunia, oleh sebab itu sungguh banyak lembaga konservasi dunia yang mengarahkan fokus mereka pada tempat ini. Bahkan, bagi wisatawan mancanegara diperlukan ijin khusus untuk memasuki wilayah perariran Raja Ampat. Pemerintah Indonesia pun sudah mengeluarkan banyak pelarangan untuk menangkap ikan-ikan langka di Raja Ampat. Selain itu, aneka usaha konservasi terumbu karang pun telah dilakukan di sejumlah tempat seperti Pulau Misool atau Waigeo. Demi terciptanya kelestarian alam dunia Surga Bawah Laut Raja Ampat.

Related : Raja Ampat Papua Barat

0 Komentar untuk "Raja Ampat Papua Barat"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan pesan